Senin, 06 Agustus 2012

YANG LANGKA YANG DICARI (Catatan Dari Pasar Ramadhan II)

Ramadhan memang bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh siapa pun juga. Bagi seorang muslim tentunya karena pada bulan tersebut amal kebaikan dilipatgandakan, yang tidurnya pun akan bernilai ibadah. Bagaimana dengan yang non muslim? Sebagian mereka juga ikut bergembira ketika Ramadhan tiba. Alasannya karena Ramadhan identik dengan kue.
Akan sangat mudah untuk menemukan aneka macam kue yang dijajakan sebagai pilihan bagi umat muslim yang berpuasa.

 Di pasar Ramadhan, dimana berbagai macam jajanan buka puasa dijual, mulai dari kue tradisional hingga yang modern tersedia. Pembelinya pun mulai dari kalangan kelas bawah, menengah hingga mereka yang berkecukupan. Tujuan mereka satu, yakni ingin mencari menu buka puasa yang berbeda disetiap harinya tanpa harus bersusah payah untuk membuatnya sendiri.

Bagi yang bekerja, pasar Ramadhan merupakan soslusi tepat untuk buka puasa mereka. Hamper bisa dipastikan, bahwa mereka setiap hari mendatangi Pusat Jajanan Buka Puasa untuk membeli kebutuhan buka mereka. Hal itu karena mereka tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri  di rumah. Sisa waktu yang ada setibanya dirumah mereka gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menantikan waktu berbuka.

Dari pemantauan di lapangan, kami melihat bahwa jenis jajanan yang menjadi favorit adalah Kue Tradisional. Untuk Makassar, sebutlah beberapa macam kue khas daerah yang paling diminati, yaitu Es Pisang Ijo, Es Pallubutung, Barongko, Jalangkote, Es Buah, Lopis, Cendol, Onde-onde dan Bikangdoang. Untuk yang langka sekalipun, sering diburu oleh sebagian pembeli. Ka’do Bodo dan Rappo Kao-kao adalah dua jenis makanan langka yang hanya dapat dijumpai saat pesta digelar.

Makassarpreneur seakan tidak ingin ketinggalan, ikut ambil ambil bagian dalam Pusat Jajanan Buka Puasa Ramadhan 1433 H yang digelar oleh Disperindag Propinsi Sulsel tahun ini. Tersedia aneka penganan untuk buka puasa. Mulai dari Makanan berat seperti Lauk Pauk dan Sayur, juga takjil berupa Kolak Pisang dan Bubur Kacang Hijau, serta aneka kue dan pudding. Hm, jadi ngiler rasanya. Segera kesana yuk! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^