Jumat, 02 Februari 2018

Fungsi Asosiasi Bagi UKM

Lahirnya asosiasi kurang lebih sama dgn lahirnya partai. Ada latar belakang yang berbeda dan fokus pergerakannnya juga beda-beda. Intinya tujuannya sama, sebagai wadah bersinergi, kolaborasi dan saling menguatkan.

Tergantung UKMnya mau aktif di asosiasi yang mana, sesuai dengan nuraninya. Dan adalah salah kalau UKM masuk ke asosiasi semata-mata karena niatnya untuk mengejar sumber modal apalagi jika saling sikut menyikut di dalamnya. Karena sejatinya asosiasi itu sarana untuk sama-sama belajar membangun kompetensi, bukan tempat bersaing. 

Pola komunikasi di dalam  asosiasi harus benar-benar terbuka. Dengan komunikasi yang terbuka, tentu informasi yang masuk juga bisa merata. Komunikasi antara pengurus dan anggota harus bisa saling menguatkan agar fungsi organisasi didalamnya berjalan dengan baik.

Asosiasi juga bisa membantu pemerintah dalam menyediakan data base UKM yang ada, dengan catatan, satu UKM hanya boleh terdaftar di satu asosiasi, tidak lebih. Dengan demikian, data ganda bisa dihindari. 

Karena asosiasi adalah wadah berhimpun untuk slaing menguatkan, maka suara-suara UKM yg ditujukan untuk pemerintah dan stakeholder lainnya bisa melalui asosiasi. Dan itu akan lebih kuat dibanding jika UKM jalan sendiri sendiri.

Di dalam asosiasi juga ada fungsi advokasi, sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum bisa difasilitasi lewat asosiasi. Termasuk jika ada UKM yang butuh akses permodalan, asosiasi bisa memfasilitasinya ke stakeholder terkait, misal LPDB, Koperasi, Perusahaan Ventura, atau Perbankan.

Seharusnya memang dengan asosiasi UKM makin kuat dan bisa naik kelas. Meski  tidak sedikit juga UKM yang berjuang sendiri diluar asosiasi dengan mengandalkan jejaring yang dimiliki (mandiri). Tetapi faktanya, UKM yang hanya mengandalkan kekuatan sendiri akan sulit bergerak.

Semua itu adalah warna. Semakin beragam asosiasi, semakin asyik. Apapun bendera asosiasinya, tidaklah masalah, justru akan menjadi makin kuat jika keragaman itu bisa bergerak ke arah yang sama. Mari berkolaborasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^