Sabtu, 04 November 2017

Ceritaku Tentang Kopi Toraja

Bicara kopi bicara daerah. Kalau di Sulawesi Selatan tentu ada banyak kopi yang ditemui di pasar. Ada kopi Toraja, kopi Enrekang, kopi Malino dan lainnya. Meski selama ini jenis kopi yang dikenal hanya ada dua, yakni kopi Arabika dan Robusta. Namun cita rasa kopi menjadi berbeda di tiap daerah. Entahlah, tapi seperti itulah pengakuan sebagian besar penikmat kopi.


Nah kali ini saya ingin bercerita tentang kopi yang saya temukan di Toraja. kebetulan kali ini saya mendapat tugas untuk mengisi di kelas kewirausahaan di Kota Makale Tana Toraja. Selama tiga hari, kami manfaatkan berdiskusi dengan pelaku usaha kopi di sana.
Salah satu peserta yang ikut pada kegiatan ini adalah ibu Nur yang merupakan pelaku usaha kopi bubuk. Beliau kemudian menjelaskan bahwasanya ada 4 macam kopi yang dikenal di masyarakat Tana Toraja (Tator). Saya kemudian mengamati 4 bungkus kopi yang dibawa oleh ibu Nur itu sekaligus bertanya apa perbedaan dari masing-masing kopi yang dibawanya. 

Kemudian bu Nur menjelaskan kalau kopi yang dikemas dengan plastik bening atau transparan adalah jenis kopi biasa yang tumbuhnya di dataran rendah yang banyak dijual di pasar. Adapun yang dikemas dengan aluminium foil warna merah adalah kopi dataran tinggi yang aromanya lebih kuat dari kopi biasa tadi. 

Lalu kopi yang kemasannya berwarna hitam adalah kopi todolo atau kopi yang dinikmati masyarakat Tana Toraja sejak jaman nenek moyang mereka. Aromanya cukup kuat tetapi sudah mulai langka. Ibarat benda, mungkin sekelas dengan benda pusaka yang layak diamankan di museum nasional. Itu larena usianya yang sudah sangat tua dan hampir punah. 
Yang terakhir adalah kopi dengan kemasan warna gold atau keemasan. Dihasilkan dari buah kopi yang berbiji tunggal. Tidak mudah mendapatkan buah kopi dengan biji tunggal ini. Maka tidak heran pula kalau harganya cukup mahal. Kopi biji tunggal dikenal juga dengan nama kopi lanang atau kopi tungga'. Dan dipercaya oleh masyarakat Toraja memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Nah, kamu penikmat kopi? Pilih yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^