Jumat, 21 April 2017

User Experience (UX)


User Experience adalah salah satu poin penting dalam meningkatkan penjualan. Karena di dalamnya ada peran besar dari konsumen yang dengan rela tanpa dibayar melakukan kegiatan marketing untuk bsinis kita.

Berikut gambaran singkat bagaiman pelanggan mengekspresikan pengalamannya dalam menggunakan sebuah produk yang berupa jasa.

"Bund, naik pesawat apa kali ini?"
"Sriwijaya "
"Yeay .. berarti kita dapat roti nanti"
"Insyaallah "
"Kirain Lion. Tapi lebih enak lagi Garuda. Dapat roti plus bisa minum susu atau minuman pilihan lainnya"


Seperti itulah anak kecil mengekspresikan pengalaman mereka dalam menggunakan jasa penerbangan. 
Atau sering juga kita mendengar percakapan sekumpulan anak kecil yang membandingkan rasa dari cemilan / snack yang sering mereka makan.
Bagaiman dengan orang dewasa, yang daya analisa nya lebih tajam?

Tentu sebagai pebisnis kita ingin produk kita menjadi buah bibir yang positif di antara konsumen kita, dimana mereka menceritakan pengalaman menarik mereka selama menggunakan jasa atau produk yang kita jual. 
Jika itu terjadi, maka marketing word of mouth akan memberikan dampak yang luar biasa bagi bisnis kita.

User Experience (pengalaman konsumen) sangat ditentukan oleh seberapa besar value yang kita tawarkan lewat produk yang kita jual (Value Proposition).
Kalo bisnis kita biasa2 saja, tentu konsumen tidak punya alasan kuat untuk beli lagi dan beli lagi (loyal). 

Pertanyaannya, value apa yang anda tawarkan untuk bisa memberikan pengalaman yang baik terhadap konsumen anda?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^