Senin, 07 Januari 2013

Bisnis Yang Naik Daun di Musim Hujan

Musim hujan identik dengan genangan air dimana-mana. Banjir menjadi momok menakutkan karena menciptakan trauma yang cukup besar. Mulai dari kerugian materi, kedinginan, penyakit dan kemacetan. Itu bagi sebagian orang. 

Bagi sebagian yang lainnya, musim hujan menjadi berkah tersendiri. Kenapa? Karena di musim hujan ada beberapa peluang bisnis yang dapat mereka jadikan sumber penghasilan dengan meraup keuntungan yang tidak sedikit. Berikut beberapa jenis usaha yang panen di musim hujan tiba:

a. Bisnis Laundry

Kalau di musim kemarau saja kebanjiran order, apalagi di musim hujan. Omzet bisa mencapai tiga kali lipat dari biasanya. Bahkan konsumen sering mengeluh karena cucian mereka menjadi lebih telat kembalinya karena banyaknya antrian.

Laundry tidak lagi menjadi kebutuhan mereka yang mampu dan berduit. Kalau dulu konsumennya adalah orang-orang kaya, kini tidak lagi. Karena di lingkungan kost-kostan pun akan kita dapati usaha ini hingga ke lorong-lorong kecil. In menunjukkan bahwa Laundry adalah kebutuhan semua orang dari semua lapisan.
Apalagi di musim hujan, dimana sinar matahari sangat langka dan hampir tidak ada, maka tak ayal jika solusinya kemudian adalah membawa cucian ke Laundry terdekat.

b. Ojek Payung

Ojek tidak lagi sekedar untuk kendaraan bermotor, namun beberapa fasilitas juga diojekkan. Di beberapa lokasi yang ramai, seperti pasar, mal hingga perkantoran, sering kita melihat ada yang membawa payung sambil menawarkan jasanya. Itulah ojek payung yang dimaksud.

Mungkin jarak antara jalan dan teras gedung yang cukup jauh menjadi alasan pengojek payung untuk menyediakan jasa ini. Dengan jasa ini, kita tidak lagi masuk gedung dalam keadaaan basah kuyup. Tidak perlu lagi repot membawa payung kemana-mana.Cukup dengan menyediakan dana Rp. 3.000,- hingga Rp. 5.000,- kita sudah bisa menikmati layanan ini.

c. Ojek Perahu

Di beberapa lokasi yang menjadi langganan banjir, tentu akan dicermati oleh mereka yang jeli melihat peluang bisnis. Dengan genangan air setinggi lutut hingga pinggang, dipastikan kita akan kesulitan mengendarai sepeda motor untuk melintasi jalan. Maka satu-satunya cara yaitu dengan naik perahu.

Perahu yang biasanya hanya ada di laut dan parkir di tepian pantai, maka di musim hujan alat transportasi ini melaju ke tengah kota menjadi sarana yang sangat membantu warga yang bermukim di lokasi banjir. Perahu pun memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi sosial dengan menjadi alat pengangkut bantuan untuk korban banjir, dan fungsi bisnis dengan menjadi ojek yang kemudian dapat menjadi sumber penghasilan bagi pemiliknya.

d. Jualan Jas Hujan dan Payung

Ini adalah bisnis yang sudah lama, namun tetap memiliki daya magnet tersendiri. Jika di musim kemarau bisnis ini menjadi 'layu', maka menjelang musim hujan akan kembali bergairah dan menikmati hasilnya. Meski ada banyak usaha sejenis yang hadir, namun dengan menyediakan barang yang berkualitas, banyak pilhan dan harganya terjangkau akan menjadi daya tarik tersendiri buat pelanggan. 

e. Jasa Cuci Motor

Bagi sebegian orang, mencuci motor di musim hujan adalah pekerjaan yang sia-sia. Hari ini cuci, besok hujan. Pagi di motornya bersih mengkilap, sorenya berlumpur lagi. Benar juga, tetapi tidak dapat diungkiri kalau itu juga adalah kebutuhan.

Mereka yang sehari-hari bekerja alias ngantor, akan terasa kurang nyaman jika setiap hari mengendarai motor yang berbalut lumpur. Maka sekalipun harus hujan sore atau bahkan siangnya, berangkat ke kantor harus dalam keadaan bersih dan kinclong. 

Tidak heran jika di musim hujan bisnis ini menuai hasil yang berlipat dari biasanya. Kalau di musim kemarau orang mencuci motor sekali seminggu atau bahkan ada yang sekali dalam dua minggu, maka di musim hujan bisa menjadi dua kali seminggu. Peluang bukan?

Nah, itu beberapa jenis usaha yang menjadi laris manis di saat musim hujan datang. Mungkin bagi pembaca akan menambahkan beberapa lagi jenis bisnis lain yang juga menjadi primadona dan dapat memberikan keuntungan besar. Silahkan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^