Selasa, 23 Oktober 2012

Yang Organik Makin Diminati


Makanan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan dalam kehidupan manusia. Makananlah yang akan menentukan kondisi tubuh manusia. Jika makanannya berkualitas baik, maka dipastikan kondisi tubuh manusia akan sehat. Namun jika kualitas makanan buruk, saat itulah tubuh berada dalam kondisi yang tidak normal.

Makanan sangat mempengaruhi daya pikir dan perilaku manusia. Orang yang mengkonsumsi makanan sehat selama hidupnya, maka pikirannya akan cerdas, kesehatannya selalu prima, dan aktif. Bahkan oleh ahli gizi mengatakan bahwa, makanan sehat dengan gizi seimbang akan memperpanjang usia.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin tingginya mobilitas manusia yang menuntut semuanya serba cepat, maka hadirlah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi dalam waktu cepat dan praktis.
Kemasan yang siap saji dan siap dinikmati kapan saja menjadi pilihan bagi mereka  yang kesibukannya benar-benar padat. Sekilas hal itu memang memudahkan, namun kemudahan itu seolah-olah menutup mata kita terhadap kandungan yang ada di dalamnya. Kebanyakan kita terlena dengan kemasan dan kepraktisan penyiapan makanan, namun lupa dengan zat-zat kimia di dalamnya.

Kelalaian kita dalam menyeleksi makanan adalah pintu bagi masuknya berbagai macam penyakit, dari yang ringan sampai yang berat. Ditambah dengan dengan kandungan bahan kimia di dalamnya, lengkaplah sudah pemicu penyakit bagi tubuh kita.

Menyadari kondisi demikian, maka sejak satu dekade terakhir orang-orang mulai beralih kepada bahan makanan yang organik. Bahkan ada yang sampai pada tingkat fanatik dimana mereka tidak akan pernah mengkonsumsi makanan yang non organik, yang di dalamnya mengandung bahan tambahan seperti pewarna, penyedap, pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya.

Bukan hal yang mudah memang, karena tumbuhan dan bahan makanan organik lainnya masih sangat langka di sekitar kita. Kalaupun ada, kita harus merogoh kantong karena harganya cukup mahal. Maka pertanyaannya adalah, apakah semua yang organik itu harus mahal?

Ternyata tidak demikian adanya. Bagi ibu-ibu di beberapa kecamatan  di Kabupaten Barru sudah membuktikannya. Mereka memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan menanam secara organik beberapa jenis sayuran yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagi mereka, menjaga kesehatan itu lebih penting dan harus dimulai dari sekarang. Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^