Selasa, 15 Maret 2011

ILO EAST Mendokumentasikan Good Practice di Sulsel


Prof. Andi Lolo membuka file dokumentasi kegiatan Makassarpreneur
Menjelang akhir program ILO EAST di Sulawesi Selatan, pada Jumat 11 Maret 2011, ILO EAST melakukan pendokumentasian gagasan/kegiatan positif yang sudah dikembangkan dalam kurun waktu pelaksanaan programnya. Pendokumentasian Good Practice itu bertujuan untuk mempublikasikan kerjasama /kemitraan efektif yang sudah dibangun oleh ILO dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, sektor swasta, dunia usaha dan dunia industri, serta pihak penyelenggara pendidikan formal dan non formal. Dalam pendokumentasian tersebut, ILO EAST bekerjasama dengan Prof. T.R. Andi Lolo, Ph.D  yang melakukan pengambilan data dalam bentuk studi dokumen, wawancara dan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion).

Salah satu yang dikunjungi adalah Makassarpreneur sebagai Komunitas/Forum Alumni SYB. Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah alumni yang menjadi pengurus inti, yang juga keseluruhannya telah memulai usaha mereka pasca pelatihan kewirausahaan yang diberikan oleh ILO. Dalam wawancaranya dengan alumni, Andi Lolo banyak menggali dampak dan kesinambungan program Makassarpreneur segabai Forum yang dibentuk oleh komunitas Alumni SYB ILO EAST. Dalam kesempatan itu pula Beliau memberikan dukungan kepada Makassarpreneur sebagai wadah untuk menghimpun pemuda yang menjadi alumni pelatihan ILO EAST sekaligus untuk menularkan kwirausahaan dikalangan kaum muda khususnya dikota Makassar. Meski begitu, alumni yang di daerah bukan berarti tidak bisa menjadi bagian dari komunitas ini karena Makassarpreneur telah memiliki website sebagai ruang forum yang sifatnya lebih luas dan lebih terbuka. Menurutnya,  Makassarpreneur dapat dikategorikan sebagai Good Practice karena alumni yang berhimpun di dalamnya telah banyak yang memulai dan mengembangkan usahanya, bahkan ada yang telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain. Dan untuk mengembangkan forum, Prof. Andi Lolo menyaranakn agar Makassarpreneur harus bisa mengandalkan website yang sudah ada, sehingga peluang untuk membangun jaringan yang lebih luas semakin terbuka lebar.
Hadir mendampingi Prof. T. R. Andi Lolo pada kegiatan pendokumentasian ini adalah Aly Anwar, SS. bersama Syahril, SE. dari Lembaga Sentra Pendidikan Bisnis selaku Implementing Agent dalam EAST Program yang dikembangkan oleh ILO. Sedangkan dari Makassarpreneur turut hadir pula Bahrul Ulum dan Rahmatia Nuhung selaku Trainer sekaligus pendamping para alumni SYB ILO EAST. Nah, tertarik ingin tahu lebih jauh tentang Makassarpreneur? Kunjungi webnya di http://www.makassarpreneur.com (RTN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^