Jumat, 07 Januari 2011

Training Motivasi: TUHAN, INILAH PROPOSAL HIDUPKU

Mengawali tahun 2011, Lembaga Pemberdayaan Pemuda dan Pengembangan Kewirausahaan MakassarPreneur bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Sentra Pendidikan Bisnis (SPB) menggelar Training Motivasi dengan tema “Tuhan, Inilah Proposal Hidupku (TIPH)”. Kegiatan ini dikhususkan bagi alumni SIYB ILO EAST dan dimaksudkan untuk memberikan inspirasi sekaligus motivasi kepada pesertanya agar senantiasa yakin akan kemampuannya dan berani mengekspresikan potensi yang mereka miliki melalui berbagai karya yang memberikan nilai tidak hanya kepada pelakunya namun juga kepada lebih banyak orang.

Bahwa setiap kita adalah pemenang, oleh karenanya tidak ada alasan bagi kita untuk mengatakan bahwa kita tidak bisa dan kalah. Dan karena hidup itu adalah proses, disinilah pentingnya kita membuat proposal hidup untuk meraih impian kita. Proposal hidup adalah skenario sekaligus ‘hiu’ kecil hidup kita yang kita jadikan landasan acuan untuk melejitkan potensi yang kita miliki demi meraih impian yang sudah kita tetapkan. Selanjutnya ada empat langkah yang perlu kita lakukan dalam menggali potensi yakni:

1) Sadarilah bahwa kita adalah spesial

Setiap kita adalah spesial karena kita memliki kelebihan tersendiri. Kelebihan itulah yang terus kita asah dan kembangkan untuk membuat kita menjadi ahli sehingga orang akan mengenal kita melalui apa yang telah kita hasilkan dari kelebihan itu.

2) Tetapkanlah prestasi terbaik yang ingin diraih

Tulis sebanyak mungkin prestasi yang ingin kita raih. Prestasi terbaik yaitu apa yang akan kita banggakan dihadapan Allah, dihadapan orangtua, keluarga dan masyarakat? Sukses mulia, itulah target tertinggi dari pribadi yang senantiasa meraih prestasi terbaik. Sukses mulia dangan 4 –ta yaitu Harta, Tahta, Kata dan Cinta.

3) Jadilah seorang expert

Tidak hanya sekedar bisa, tetapi menguasai. Lebih tepatnya ahli. Fokuslah dalam mengasah dan mengembangkan potensi spesial yang kita miliki hingga kita benar-benar dikenal karena keahlian kita. Banyaklah berlatih dan latihlah apa yang kita cintai, kuasai dan menghasilkan. Dengan latihan 3 jam perhari atau 10.000 jam dalam 10 tahun, maka kita akan benar-benar menjadi ahli dalam bidang kita.

4) Sempurnakan hidup mulai dari sekarang.

Sekarang, bukan nanti atau besok. Sempurnakan hidup kita dengan dua cara: a) Biasakanlah sikap dan perilaku yang positif. Jangan pernah berfikir negatif karena kita adalah apa yang kita pikirkan. b) Buatlah target 90 hari. Untuk mencapai target jangka panjang, mulailah dengan menetapkan target jangka pendek dan berupayalah semaksimal mungkin untuk mencapainya. Kesuksesan kita mencapai target jangka pendek akan mengantarkan kita kepada pencapaian target jangka panjang.

Demikian isi dari materi yang disampaikan pada Training Motivasi yang dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 02 Januari 2011 di kampus Sentra Pendidikan Bisnis (SPB) Makassar. Training Setengah hari yang dihadiri oleh sekitar 20 orang pemuda dari alumni SIYB ILO EAST ini dibawakan oleh Abdurrahman Patiwi (ARp), seorang Motivator muda dari Makassar yang merupakan peraih lima besar peserta terbaik pada Trainer Bootcamp & Contest (TB&C) yang diselenggarakan oleh i2move Indonesia tahun 2010. Beliau juga tergabung dalam jejaring Trainer Expert dari Indonesia Inspiring Movement Jakarta dan dibimbing langsung oleh Bapak M. Jamil Azzaini, Motivator dan Trainer dari Kubik T & C, penulis buku ‘Kubik Leadership’dan ‘Tuhan, Inilah Proposal Hidupku’.

Kedepan, Sesuai dengan permintaan beberapa peserta, Lembaga MakassarPreneur akan mengadakan kembali Training ‘Tuhan, Inilah proposal Hidupku (TIPH)’ yang ditujukan untuk umum, yang rencananya akan diadakan, pada tanggal 23 Januari 2011. Kali ini Training TIPH akan dilaksanakan sehari dan diisi dengan banyak simulasi dan diskusi yang sifatnya lebih terbuka.

Salam sukses,

Rahmatia Nuhung

~Sekretaris Eksekutif MakassarPreneur~

~Instruktur Kewirausahaan dan Bahasa Inggris LPK Sentra Pendidikan Bisnis~

~Trainer SIYB ILO in Education and Skill Training~



http://www.makassarpreneur.com/

2 komentar:

  1. thanks yah artikelnya.....walaupun sdikit insya Allah bermnfa'at

    BalasHapus
  2. Trimakasih mas Saeful ..... sukses slalu ya,, :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^