Sabtu, 22 Januari 2011

SERUNYA GAME BISNIS DI MUSLIMAH CENTER


MakassarPreneur bekerjasama dengan Muslimah Center mengadakan pelatihan singkat ‘Memulai Bisnis’ melalui aplikasi Game Bisnis yang merupakan bagian dari modul kewirausahaan yang dikembangkan oleh ILO, Jum’at 21 Januari 2011 di sekretariat pusat Muslimah Center jalan Ratulangi Makassar. Pada kesempatan kali ini, MakassarPreneur memberikan Game Bisnis Modul I dengan tema Siklus Usaha Dasar dan diikuti oleh kurang lebih dua puluhan peserta yang berasal dari berbagai organisasi diantaranya Forum Komunikasi Muslimah (FKM), Muslimah HTI, Muslimah Wahdah Islamiyah, Anggota majelis taklim BKMT, Muslimah KPPSI dan organisasi laiinnya.

Keseluruhan peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan dan menikmati serunya bermain game bisnis sehingga mereka merasa seolah-olah sedang menjalankan sebuah usaha. Ini terbukti dari kesaksian mereka diakhir permainan saat mengkaji poin pembelajaran yang mereka dapatkan melalui game. Mereka merasa puas dan mendapatkan pelajaran berharga mengenai tata kelola bisnis dengan skala usaha kecil. Pada intinya ada beberapa poin pembelajaran yang mereka catat, diantaranya yaitu:

• Pengetahuan mengenai siklus dasar sebuah usaha
• Pemanfaatan modal yang terbaik
• Pentingnya menjaga arus kas positif
• Keutamaan pencatatan dalam usaha
• Perlunya kerjasama tim dalam bisnis
• Pentingnya perencanaan yang matang

Dan yang terpenting menurut peserta adalah, bahwa ternyata besarnya modal tidak menjamin kesuksesan sebuah usaha dalam memberikan keuntungan besar. Dengan kata lain, modal besar belum tentu untung besar / banyak. Ini karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola sebuah usaha khususnya bagi pengusaha pemula.

Hal yang menarik dalam permainan kali ini adalah diterapkannya sistem perbankan syari’ah dalam proses pemberian pinjaman modal kepada pengusaha. Seluruh peserta mengakui bahwa akhirnya mereka mendapatkan pengetahuan tentang kerjasama (syarikah) dengan system bagi hasil sesuai dengan kemampuan pengusaha yang disepakati bersama di awal dalam akad (perjanjian) kerjasama, yang dalam hal ini yang diterapkan adalah Syirkatul Mudharabah. Dengan sistem ini, semua kelompok usaha mendapatkan keuntungan hampir seratus persen dari modal awal yang dikelolanya. Ini menjadi berbeda karena di setiap permainan sebelumnya dimana sistem perbankan konvensional yang diterapkan, selalu saja ada kelompok yang mengalami kerugian. Dari sinilah akhirnya peserta menyadari manfaat dan berkah yang luar biasa dari sistem perbankan syari’ah, juga karena kemudian mereka menjadi paham letak perbedaan mendasar (kekurangan dan kelebihan) antara sistem perbankan konvensional dan syari’ah.

Ketua Muslimah Center ibu Masniar Mappasawang sangat mendukung kegiatan ini dan kedepannya akan mengadakan lagi kegiatan serupa dengan tema yang berbeda yang dapat membantu kaum muslimah dalam menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola sebuah usaha. Kegiatan kali ini dipandu oleh Ibu Rahmatia Nuhung dengan didampingi Ibu Muliana sebagai fasilitator dari Lembaga Pengembangan Kewirausahaan dan Pemberdayaan Pemuda MakassarPreneur.

Nah, bagi anda yang juga tertarik ingin menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan, atau penasaran ingin menikmati serunya permainan game bisnis ini, silahkan menghubungi kami di 0813 4295 5757. Kami juga menerima penawaran kerjasama dan menawarkan berbagai bentuk pelayanan berupa kegiatan seminar, training, kerjasama EO dan berbagai kegiatan lain dimana kita bisa saling memberikan manfaat dan berbagi manfaat kepada orang lain. Kami tunggu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^