Sabtu, 18 Desember 2010

SATU LAGI DARI MAKASSAR (Upaya Mewujudkan Makassar Sebagai Kota Preneur)



Perkembangan dan pengembangan kewirausahaan searah dan sejajar mengikuti komitmen pemerintah untuk memasyarakatkan kewirausahaan sekaligus mewirausahakan masyarakat. Komitmen ini terwujud dalam implementasi kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat dalam bentuk pendidikan, pelatihan, konsultasi dan fasilitasi yang dikemas dan digulirkan dalam bentuk program kerja dengan melibatkan berbagai elemen baik dari pemerintah itu sendiri maupun dari pihak swasta. Komitmen itu pula memberikan gambaran betapa upaya terus ditingkatkan guna mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.
Peran dalam menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha (enterpreneur )adalah sebuah kerja keras yang membutuhkan dukungan dari semua pihak. Oleh karenanya, kehadiran beberapa lembaga yang membantu pencapaian tujuan tersebut sangatlah dibutuhkan sebagai pengimplementasi program yang telah ditetapkan dan digulirkan oleh pemerintah baik dari pusat maupun pemerintah daerah.
Melihat kondisi tersebut, di Sulawesi Selatan tepatnya Kota Makassar kini hadir sebuah lembaga yang digagas oleh beberapa kaum muda yang memiliki perhatian dan komitmen yang sama dalam mengembangkan kewirausahaan untuk membangun semangat dan jiwa enterpreneur dikalangan generasi muda. Sebuah lembaga swadaya yang banyak bergerak dibidang jasa, dimana mereka memberikan pelayanan berupa pelatihan, seminar, konsultasi, dan pendampingan kepada pemuda yang ingin mengembangkan bakat dan potensi mereka agar bisa menjadi mandiri dalam memenuhi kebutuhannya.
Dengan tujuan ingin mengangkat nama kota Makassar dalam bidang enterpreneurship (kewirausahaan), mungkin lebih tepatnya ingin mewujudkan Makassar sebagai Kota Preneur sebagaimana yang telah dicanangkan oleh pemerintah kota beberapa waktu yang lalu, maka lembaga tersebut kemudian oleh tim penggagas diberi nama MakassarPreneur.
Meski usianya baru seumur jagung, MakassarPreneur telah mampu menunjukkan eksistensi, kepedulian dan kesungguhannya untuk menjembatani kaum muda dalam menggali dan mengembangkan potensinya. Hal ini terbukti dengan beberapa seminar dan pelatihan yang mereka laksanakan, serta menjalin kesepakatan kerjasama (MoU dengan beberapa lembaga pelaksana program sejenis dan juga dengan beberapa kelompok tani untuk membantu mereka dalam memasarkan produknya.
Untuk memudahkan komunikasi dan interaksi dengan pihak luar, baru-baru ini juga mereka melaunching website yang sekaligus menjadi sarana informasi dan promosi yang dengan mudah diakses oleh siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh sepak terjang MakassarPreneur. Semoga dengan hadirnya MakassarPreneur ditengah-tengah arus perkembangan dan pengembangan enterpreneurship, diharapkan mampu memberikan solusi tidak hanya bagi pelaksanaan program-program pemerintah, namun juga ikut berperan membuka lapangan pekerjaan melalui unit-unit usaha yang dikelola dan dikembangkannya. Semoga!
http://www.makassarpreneur.com

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.... Silahkan memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan... ,, ^_^