Sabtu, 26 Februari 2011

LAYANI KAMI DENGAN BAIK


Pelayanan hendaknya tidaklah sekedar diartikan sebagai sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan atau sekedar menyediakan produk dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh mereka. Namun lebih dari itu, palayanan adalah menyangkut attitude professional dalam menghadapi mereka. Sikap santun yang diberikan ketika pelanggan mulai berada di depan pintu hingga masuk dan mengutarakan kebutuhan dan keinginannya akan sangat memberikan dampak terhadap kepuasan akan pelayanan yang mereka dapatkan. Maka tidaklah salah jika kemudian ada yang mengatakan bahwa Pelanggan adalah Raja. Ini karena pelangganlah yang akan menjadi salah satu penentu kemampuan usaha kita untuk bertahan dan berkembang kedepannya. Pelanggan adalah end user yang akan berbicara langsung kepada end user lainnya tentang pelayanan yang mereka dapatkan dari sebuah perusahaan, yang secara tiidak langsung juga akan mennjadi marketer (pemasar) yang tidak mengeluarkan biaya apapun terhadap kegiatan pemasaran.

Senin, 21 Februari 2011

Kisah 3 Kaleng Coke

(By: Andrie Wongso)

Ada 3 kaleng coke. Ketiga kaleng tersebut diproduksi di pabrik yang sama di sebuah daerah Jawa Timur. Ketika tiba harinya (untuk didistribusikan), sebuah truk datang ke pabrik, mengangkut kaleng-kaleng coke tersebut dan menuju ke tempat yang berbeda untuk dijual.

Pemberhentian pertama adalah sebuah mini market lokal. Kaleng pertama diturunkan di sini. Lalu, dipajang di rak bersama dengan kaleng minuman ringan lainnya. Ia diberi harga Rp.4.000

Pemberhentian kedua adalah sebuh pusat perbelanjaan besar. Di sana, kaleng kedua diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan di dalam kulkas supaya dingin dan dijual dengan harga Rp.7.500

Jumat, 11 Februari 2011

SUKSES ITU BERSINERGI, BUKAN BERSETERU



Kisah bermula di sebuah Kongres Anggota Tubuh Manusia. Pak Jantung memimpin sesi sidang “Pemberian Penghargaan Pada Anggota Tubuh Manusia Terpenting Tahun ini”. Dalam pidato pengantarnya, Pak Jantung berkata ,”Saudara-saudaraku sesama anggota tubuh, sebagaimana kita tahu tuan kita sangat menginginkan kinerja kesehatannya meningkat tahun ini. Peningkatan ini hanya mungkin, kalau kita semua memperbaiki kinerja masing-masing. Nah, untuk memicu dan memacu peningkatan kinerja itu, tuan kita berkenan memberikan penghargaan kepada anggota tubuh terpenting. Untuk itu, kita harus menentukan siapa di antara kita yang layak untuk mendapatkannya.”

Rabu, 09 Februari 2011

PERBINCANGAN ROSULULLAH SAW DENGAN IBLIS Laknatullahi’alaihi



Dari Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas:
Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah: “Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku.” Rasulullah bersabda: “Tahukah kalian siapa yang memanggil?” Kami menjawab: “Allah dan rasulNya yang lebih tahu”. Beliau melanjutkan, “Itu iblis, laknat Allah bersamanya”.

Jumat, 04 Februari 2011

SEMINAR NASIONAL KUMKM

(Telaah Kritis Arah dan Strategi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Indonesia)



Komunitas koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) adalah bagian dari sistem ekonomi Indonesia yang sangat straregis dalam mendorong dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Peran strategis ini dapat ditinjau dari berbagai aspek yang dimilikinya, antara lain kemampuan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dalam tingkat pendidikan keterampilan yang relatif rendah
Diperkirakan daya serap pada sektor KUMKM mencapai 79,04 juta tenaga kerja atau 99,4% dari total angkatan kerja yang bekerja. Demikian pula aktifitas KUMKM mengisi semua sektor ekonomi diantaranya pertanian, perdagangan , jasa, industri dan sebagainya. Selain itu kontribusi KUMKM dalam pembentukan PDB, proses produksi lebih banyak memanfaatkan bahan baku lokal, dan agresi atau jaringan UMKM memperkuat perekonomian lokal maupun Nasional.
Melihat peran KUMKM dalam menciptakan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, bahkan meningkatkan pendapatan nasional itu, maka dukungan terhadap pertumbuhan UMKM berarti juga mengatasi kemiskinan, dan menciptakan lapangan kerja, atau pro-job, pro-poor, dan pro-growth.

Pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian terbesar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan. Dengan demikian upaya untuk memberdayakan UMKM harus terencana, sistematis dan menyeluruh baik pada tataran makro, meso dan mikro

Dengan kapasitas yang dimiliki KUMKM tersebut menuntut penanganan secara profesional dan strategis khususnya aspek kebijakan. Strategi pembiayaan merupakan salah satu bagian dari permasalahan struktural dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis KUMKM, selain masalah manajemen, SDM maupun teknologi. Oleh karenanya dalam manajemen kebijakan, strategi pembiayaan dan pemberdayaan KUMKM seyogyanya para pengusaha tersebut di posisikan sebagai subjek dari sistem ekonomi Indonesia dan bukan sekedar objek sehingga makna dari Implementasi pengembangan KUMKM mampu berjalan secara efektif.

Berdasarkan hal tersebut, Lembaga Pengembangan Bisnis-Makassarpreneur akan menyelenggarakan seminar Nasional dengan tema: “Telaah Kritis Arah dan Strategi Pemberdayaan KUMKM Di Indonesia “ dengan seminar ini diharapkan akan melahirkan sejumlah rekomendasi sebagai pedoman bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk memperdayakan KUMKM menuju ekonomi masa depan yang lebih baik.


NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama Seminar Nasional dengan Tema “Telaah Kritis Arah dan Strategi Pemberdayaan KUMKM di Indonesia”


TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan:
1. Membangun dan mewujudkan komitmen dan kebersamaan dalam pemberdayaan KUMKM menuju ekonomi masa depan.
2. Sebagai wahana sosialisasi secara tepat mengenai kebijakan pemberdayaan KUMKM oleh pemerrintah dan pihak terkait.
3. Mewujudakn partisipasi dan kepedulian seluruh masyarakat dalam upaya pemberdayaan KUMKM.
4. Membangun kekuatan lintas lembaga dalam menyuarakan percepatanpembangunan ekonomi daerah melalui gerakan KUMKM

MATERI DAN PEMATERI
Keynote Speaker : Sjarifuddin Hasan (Menteri Koperasi dan UKM RI)
(Arah dan Strategi pemberdayaan KUMKM di Indonesia)

1. Pimpinan Bank Indonesia (Kebijakan BI dalam Pemberdayaan KUMKM di Indonesia)
2. Ketua HIPMI Pusat (Memacu Kualitas dan Kuantitas KUMKM, Peluang dan Tantangan)
3. Ketua Kadin Sulsel (Sinergitas pengusaha,swasta dan pemerintah dalam menggerakkan ekonomi sektor riil)
4. Mubyl Handaling (Owner Multi Niaga Group, Manajemen KUMKM yang sehat dan profesional)
5. Prof. Dr. H. Halide (Guru besar FE Unhas, Arah dan strategi KUMKM di era global)
6. Muhammad Karebet Widjayakusuma, MA (Direktur Konsultasi SEM Institute-Jakarta, Menggerakkan Ekonomi Sektor Riil, Perspektif Syariah)

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini InsyaAllah akan dilaksanakan pada
Hari/Tanggal : Sabtu/ 19 Februari 2011
Waktu : 08.30 Wita – 15.00 WITA
Tempat : Hotel La Macca, Jl. AP. Pettarani Kota Makassar


PESERTA
1. Utusan Koperasi/koperasi mahasiswa
2. Ketua asosiasi koperasi
3. BMT/LMS
4. Business Development service (BDS)
5. Utusan Dinas UKM dan Koperasi Kab/kota,
6. LSM ekonomi dan Sosial,
7. Praktisi dan pemerhati KUMKM
8. Masyarakat umum.

Kontribusi:
- Umum Rp. 100.000,-
- Mahasiswa Rp. 75.000,-

CP: 081 342 955 757; 0813 4264 7080
(Tempat Sangat Terbatas!!)